Pemko Pekanbaru Peringati Hari Bela Negara Ke-74 di Lapangan MPP

Selasa, 20 Desember 2022

PEKANBARU, beritaterkiniriau.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memperingati Hari Bela Negara ke-74 di lapangan Mal Pelayanan Publik (MPP), Selasa (20/12). Peringatan Hari Bela Negara ini guna meningkatkan kembali semangat patriotisme warga negara.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi usai menjadi pembina upacara Hari Bela Negara mengatakan Hari Bela Negara ini diperingati setiap 19 Desember 2022. Saat ini, merupakan Hari Bela Negara ke-74.

"Sejarahnya berawal saat agresi Belanda II yang ingin mengambil lagi kemerdekaan Indonesia. Saat itu, Soekarno-Hatta ditahan di Yogyakarta," ungkap Indra Pomi.



Maka, Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) dibentuk di Bukittinggi pada 19 Desember 1948. PDRI ini yang melanjutkan Pemerintahan RI waktu itu.

"Makanya, pemerintah RI menetapkan 19 Desember sebagai hari Bela Negara. Implementasinya, masyarakat kita memiliki jiwa Bela Negara," kata Indra Pomi.



Sikap Bela Negara ini bisa diterapkan di berbagai sektor. Ketahanan pangan merupakan bagian dari Bela Negara.

Dalam situasi dunia saat ini, bela negara tidak lagi dilakukan secara fisik. Namun, bangsa Indonesia bisa melakukannya dengan memberantas narkoba.

"Meningkatkan perekonomian agar tak dijajah dari sektor ekonomi juga merupakan bagian dari Bela Negara. Yang paling penting adalah masalah ideologi. Kita sudah sepakat bahwa Pancasila dan UUD 1945 adalah satu-satunya azas dan dasar negara," ujar Indra Pomi