STAIN Bengkalis Gelar LDK Bagi Siswa SMPN 3 Bantan

Ahad, 10 September 2023

BENGKALIS, beritaterkiniriau.com - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis gelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Bantan yang menjadi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

"Belum lama ini, kami (STAIN Bengkalis, red) menggelar kegiatan di SMPN 3 Bantan. Alhamdulillah, berjalan lancar. Kegiatan ini demi lahirnya generasi muda yang berjiwa kepemimpinan, kolaborasi antar institusi," ungkap dosen pembimbing Risma Juanita, Ahad, 10 September 2023.

Diungkap Risma, SMPN 3 Bantan merupakan salah satu sekolah yang termasuk sebagai satuan pendidikan pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) untuk jenjang SMP di Kabupaten Bengkalis. PSP berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik. Tidak hanya kompetensi literasi dan numerasi, tetapi juga berfokus pada karakter yang diawali dengan sumber daya unggul.

Kegiatan pelatihan dasar kepemimpinan yang dilaksanakan di Aula SMP N 3 Bantan, berlangsung selama dua hari, dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMP N 3 Bantan, Supa’at, M.Pd.

Rangkaian kegiatan dalam LDK yang diselenggarakan selama dua hari di SMP N 3 Bantan, tidak hanya terdiri dari penyampaian materi semata. Selain penyampaian materi, terdapat pula kegiatan berupa simulasi dan games pendukung yang relevan dengan tema kepemimpinan.

Pada kegiatan itu, peserta didik diajari tentang dasar-dasar kepemimpinan, keorganisasian, komunikasi dan public speaking, serta dinamika kelompok.

Kemudian simulasi tata cara memimpin rapat dan penyusunan program kerja, serta beberapa permainan pendukung sesuai tema materi, turut dipandu oleh mahasiswa/i dari Program Studi Manajemen Dakwah & Program Studi Sosiologi Agama, Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, STAIN Bengkalis.

Ditambahkan Risma, kolaborasi antar institusi SMPN 3 Bantan dan STAIN Bengkalis diharapkan terus berkesinambungan, demi tujuan bersama melahirkan generasi muda yang berjiwa kepemimpinan.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya kualitas para generasi muda, perlu diupayakan senantiasa. Salah satu upaya yang dapat dilaksanakan adalah dengan kerjasama antar institusi yang berada dalam lingkup pendidikan. #DISKOMINFOTIK