Dishub Pekanbaru Koordinasi ke Pemprov Terkait Aset PJU

Kamis, 30 Mei 2024

PEKANBARU, BeritaTerkiniRiau.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terkait aset penerangan jalan umum atau PJU. Pasalnya, beberapa PJU yang berada di sejumlah ruas jalan sempat padam waktu lalu.

Lokasinya ada yang berada di jalan protokol atau Provinsi hingga di beberapa jalan kota. Dishub Kota Pekanbaru berkoordinasi dengan Pemprov Riau untuk melakukan perbaikan dan pergantian PJU yang rusak.

"Kita tetap berkoordinasi dengan Pemprov terkait aset tersebut, dan kita akan tetap mengurus lampu penerangan jalan itu," kata Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso, Kamis (30/5/2024).

Ia menuturkan, pihaknya sudah memetakan aset PJU yang ada di Kota Bertuah. PJU yang berada di jalan provinsi tentu kewenangan nya berada di pemerintah provinsi. Begitu juga sebaliknya, yang berada di jalanan kota menjadi kewenangan pemerintah kota.

Yuliarso menyebut, PJU yang padam beberapa waktu lalu di sejumlah ruas jalan karena ada komponen PJU yang dicari oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka mengambil kabel hingga komponen lampu.

Pihaknya pun langsung merespon dengan melakukan pergantian dan perbaikan komponen yang hilang. Saat ini beberapa PJU sudah dilakukan perbaikan dan menyala kembali.

"Sebagian PJU sudah berfungsi kembali, sudah menyala pada malam hari," jelasnya.

Ia menambahkan, hingga saat ini pihaknya tetap memonitor dan melakukan pengawasan terhadap PJU yang ada dijalanan. Ada enam armada yang disiagakan untuk melakukan perbaikan jika ada PJU yang rusak.