P3M STIE Syari'ah Bengkalis Monev Mahasiwa Peningkatan Penjualan UMKM Desa Sebauk

Ahad, 01 September 2024

BENGKALIS, BeritaTerkiniRiau.com - Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) melaksanakan monitoring dan evaluasi kepada Mahasiswi Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) STIE Syari’ah Bengkalis, Sabtu, 31 Agustus 2024. 

Monitoring dipimpin langsung oleh Kepala P3M Dr. Mashuri bersama Kurniatul Fil Khoirin di Desa Sebauk.

Disamping itu juga dilaksanakan seminar Peningkatan Penjualan Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) Desa Sebauk melalui Pemasaran Digital Syari’ah.

Dengan menghadirkan narasumber bidang digital marketing Muhammad Ridho Nosa selaku ketua Kadin, bidang laporan keuangan, Ema Nirwana.

Ketua P3M STIE Dr. Mashuri Syari’ah Bengkalis menjelaskan sejak pelepasan mahasiswa KKM STIE Syari'ah Bengkalis yang dilaksanakan pada 31 Juli 2024 kemarin, telah dilaksanakan beberapa kegiatan oleh mahasiswa KKM seperti maghrib mengaji.

"Disamping itu juga dilaksanakan kunjungan ke beberapa UMKM Desa Sebauk, Pertandingan / Lomba dalam rangka memperingati HUT RI ke 79 di SDN 17 Sebauk, Senam Sehat bersama masyarakat di halaman Kantor Desa Sebauk, juga turut berpartisipasi dalam acara Jalan Santai yang dilaksanakan SMAN 4 Sebauk," kata Mashuri.

Sementara itu ketua Kadin Bengkalis M.Ridho Nosa membahas tentang bagaimana cara mempromosikan produk UMKM melalui media digital seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, Tiktok dan Soodu.id 

"Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Karena rata-rata pelaku UMKM Desa Sebauk kebanyakan dari kalangan ibu-ibu (emak-emak) yang masih belum mengerti cara menggunakan platform digital sebagai media jual beli. Dimana dalam melakukan pemasaran digital, terdapat beberapa langkah-langkah yakni konten, konsisten, sabar," katanya.

Sementara itu Dosen STIE Syari'ah, Ema Nirwana juga menjadi narasumber memaparkan tentang bagaimana cara mengelola keuangan dalam sistem jual beli. 

Antusiasme masyarakat terutama para pelaku UMKM Desa Sebauk serta pemaparan materi yang sangat jelas dari Narasumber M. Ridho Nosa dan Ema Nirwana membuat seminar ini berjalan sangat lancar, sukses dan berkesan bagi seluruh peserta seminar.