Kanal

Bangun Kesadaran Cegah Kanker, YPKN Ajak Pegawai DPPPA Terapkan Pola Hidup Sehat

BENGKALIS, beritaterkiniriau.com - Jumat 21 Juli 2023 Yayasan Pencegahan Kanker Nusantara (YPKN) menyambangi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Bengkalis untuk melakukan Sosialisasi tentang bahaya kanker, cara mencegah dan mengobatinya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat DPPPA ini diikuti oleh sejumlah Pegawai ASN dan Non ASN antara lain Kabid Pengarustamaan Gender Dina Kurnia Lestari, Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Fitrianita Eka Putri, Pejabat Fungsional dan jajaran Staf.

Kegiatan ini dipandu oleh Jepri Antoni Narasumber dari YPKN, beliau membagikan kepada para peserta sosialisasi beragam informasi penting seputar kanker, mulai dari apa itu kanker, jenis-jenis kanker, pencegahan dan pengobantannya.

Jepri mengatakan bahwa kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya perkembangan sel abnormal yang tidak terkendali.

"Kanker adalah penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya sel/jaringan abnormal yang bersifat ganas, tumbuh cepat tidak terkendali dan dapat menyebar ke tempat lain di tubuh penderita,"kata Jepri.

Selanjutnya dia menyampaikan tentang macam-macam kanker yang sering diderita oleh manusia. Kanker dapat dimulai hampir di mana saja di tubuh manusia, yang terdiri dari triliunan sel.

"Ada beberapa jenis kanker yang sering diderita oleh manusia antara lain kanker prostat yang umumnya diderita laki-laki dan kanker serviks bagi perempuan, selain itu ada juga kanker payudara yang beresiko diderita baik laki-laki maupun perempuan," ucap Jepri.

Ada lima point penting yang disampaikan Jepri untuk upaya preventif dari luar menghindari kanker, olahraga teratur jadi salah satunya.

"Kita bisa mencegah kanker dengan cara menerapkan pola makan sehat secara teratur, mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah, menghindari makanan berlemak tinggi, menghindari makanan mengandung carsinogen (pengawet), dan olahraga teratur,"ujar Jepri.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER