Kanal

Unik! Begini Cara Warga Gang Mawar Perumahan Sadira Green Village Maknai HUT ke-79 RI

PEKANBARU, BeritaTerkiniRiau.com  - Beragam cara untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Satu di antara cara yang unik dilakukan ada di Kabupaten Kampar Riau.

Warga Gang Mawar di Perumahan Sadira Green Village Tahap II, RT 002, RW 004, Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Mereka menunjukkan kekompakan dan kreativitas mereka dengan berpartisipasi dalam lomba hias gang antar gang di perumahan.

Di kesempatan ini, sejumlah warga Gang Mawar Perumahan Sadira Green Village menampilkan dekorasi yang sangat inovatif dan menarik dengan memanfaatkan daur ulang barang bekas atau recycle.

Hiasan pertama dimulai dari gapura hias yang megah, dan disampingnya terpampang papan bunga sebagai penyambut utama. Setelah memasuki gang, akan disuguhkan dengan umbul-umbul yang menghiasi kedua sisi, serta bendera merah putih yang dipasang di setiap rumah.

Gelas bekas bercat merah putih dipasang dengan rapi di sepanjang gang, menciptakan kesan meriah. Ada dalam bentuk kerucut yang membentuk lorong dan bentuk lainnya. Selain itu, ada juga pelepah sawit untuk menambah dekorasi.

Ketika juri tiba untuk penilaian, warga Gang Mawar menyambut mereka dengan penuh antusias. Mereka mengenakan baju serba merah putih dan membawa bendera merah putih, sementara sebagian anak juga mengenakan pakaian adat, menambah kemeriahan suasana.

"Kami warga Gang Mawar sangat antusias mengikuti lomba hias gang ini. Kami juga bergotong-royong untuk menyukseskan kegiatan ini," kata Ketua Gang Mawar Perumahan Sadira Green Village, Mardiana, Selasa (20/8/2024).

Bahkan, para warga tak jarang bergotong-royong hingga larut malam atau lembur demi menyukseskan lomba hias gang ini. Semuanya dilakukan dengan ikhlas dan tulus.

"Selain kerja keras dan tenaga, dana untuk menghias gang ini juga murni diperoleh dari iuran warga gang Mawar dan donatur," imbuh diana.

Untuk itu, Mardiana mengucapkan banyak terima kasih kepada para warga yang telah menyukseskan kegiatan ini.

"Kami sampaikan ucapkan terima kasih kepada semua warga yang telah berpartisipasi. Kita sudah berusaha, tinggal menunggu hasilnya. Apapun itu, semoga hasil yang terbaik untuk kita semuanya. Aamiin Ya Allah," doa Mardiana.

Untuk diketahui, lomba hias gang ini melibatkan delapan gang, termasuk Gang Bunga Raya, Gang Tulip, Gang Sakura, Gang Melati, Gang Seroja, Gang Mawar, Gang Kamboja, dan Gang Teratai. Untuk penilaian dilakukan oleh juri yang terdiri dari Ketua BPD Basrianto, Kepala Dusun Roki Andika, RW 004 Marwan Sutrisno, dan RT 002 Eki Putra.

"Para pemenang lomba hias gang ini akan mendapatkan hadiah sebagai berikut: Juara 1 sebesar Rp700.000, Juara 2 Rp500.000, dan Juara 3 Rp300.000, sementara gang yang tidak meraih juara tetap mendapatkan hadiah hiburan sebesar Rp100.000," kata RT 002, Eki Putra.

Sembari menunggu pengumuman lomba hias gang yang akan diumumkan Sabtu ini, warga Gang Mawar juga sudah meraih beberapa kemenangan dalam perlombaan lainnya. Mereka meraih Juara 1 dalam lomba tarik tambang kategori ibu-ibu, dengan peserta Vivi, Yuni, Devi, Neli, dan Murni.

Adapula Diana yang  memenangkan Juara 1 dalam lomba pakaian unik. Selain itu, ibuk-ibuk Murni, Devi, Najwa, dan Diana meraih Juara 3 dalam lomba joget balon. Lalu, lomba pipet masuk gelas juga menghasilkan kemenangan untuk Ibuk Jessy yang meraih Juara 3.

Pesta rakyat ini tidak hanya memperingati HUT RI tetapi juga mempererat persaudaraan antarwarga serta mempromosikan semangat kebersamaan dan kreativitas di Perumahan Sadira Green Village. Gang Mawar, dengan kreativitas dan semangatnya, menjadi salah satu sorotan utama dalam perayaan kali ini.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER